Goresan Penaku

October 22, 2011

Menyambut Idul Adha…

Filed under: Artikel — zarkoni @ 10:57 am

Bulan Dzulhijjah, bulan bersejarah bagi umat Islam. Kita selalu diingatkan kisah Nabiyullah Ibrahim AS dan Ismail AS, Ayah yang penuh ketaatan kepada Allah SWT dan anak yang sangat patuh dan taat kepada ayah dan Tuhannya . Dibulan ini kaum muslimin dari berbagai belahan dunia melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu Ibadah Haji.

Ibadah Haji

"Dan serulah manusia untuk mengerjakan Haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengenderai unta yang kurus (disebabkan jauhnya berjalan) yang datang dari segenap penjuru yang jauh. Supaya mereka menyaksikan berbagai munafaat bagi mereka dan supaya mereka menyebutkan nama Allah pada hari yang ditentukan, karena rezeki yang Allah telah anugerahkan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan berilah makan orang yang sengsara dan fakir."(Qur'an. S.al-Hajj:27-28)

Ibadah Haji memang istimewa, karena urutan kelima/urutan terakhir dalam rukun islam, seolah –olah menjadi puncak dan penyempurna, bisa dikatakan “Puncak Spiritual” seorang muslim. Jamaah Haji akan merasakan begitu dekatnya dengan Allah SWT, karena menjadi tamu di Baitullah, Ka’bah. Semua kaum muslim sangat dan sangat merindukan untuk pergi ketanah suci, segala daya dan upaya ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut, bahkan bagi orang yang pernah melaksanakan haji seakan-akan ketagihan untuk berangkat lagi ke sana.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

“Duta Allah itu ada tiga: (1) Orang yang terlibat dalam perang dijalan Allah, (2) Orang yang beribadah haji, dan (3) Orang yang berumrah. (HR al-Hakim dan Baihaqi)

Pada suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga pernah ditanya,

“ Amal apa yang paling utama?

Beliau menjawab ”Iman kepada Allah”,

“kemudian apa lagi?”

“Jihad fi sabilillah”

“lalu apa lagi?”

“Haji mabrur”

(HR Bukhari dan Muslim)

Selamat menempuh Ibadah haji saudara-saudaraku, Bapak Ibu kaum muslim semuanya dan khususnya keluarga besar UII, Kami do’akan semoga berkah, serta diberikan kemudahan, kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji. Setelah pulang nanti semoga bapak Ibu menjadi haji mabrur.. Amin…

Dan juga kepada Bapak Ibu keluarga besar UII yang sedang menempuh Ibadah Haji, kami juga mohon di do’akan, semoga kami yang belum berangkat ketanah suci segera untuk diberangkatkan kesana, dengan dibukakan pintu-pintu rizki dan jalan kemudahan bagi kami. Dan semoga bantuan haji dari UII tetap berjalan, (semoga tenaga kontrak juga mendapatkan bukan hanya untuk yang tetap saja, tapi seandainya aturan bantuan tidak bisa untuk yang kontrak, maka semoga tenaga kontrak cepat untuk diangkat tetap) Amin ya Rabbal Alamin..

Adapun untuk kita kaum muslim yang tidak melaksanakan haji maka disunahkan untuk puasa Arafah,

Puasa Arafah

Keutamaan Puasa Arafah :

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari 'Asyura' (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.” (HR. Muslim, no 1162, dari Abu Qatadah).

Yang dimaksud dengan puasa Arafah adalah puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada saat itu kaum muslimin yang melakukan ibadah haji berkumpul wukuf di padang Arafah.

Bagaimana kita menyikapi apabila ada perbedaan hari atau tanggal pelaksanaan hari raya idul adha, seperti hari raya idul fitri kemarin?..

kita puasanya tanggal berapa? Sholat iednya kapan?...

Untuk jalan tengahnya kalau kita niatkan puasa arafah maka kita lihat saja di TV kapan jama’ah haji akan berkumpul di Arafah, ya berarti itu tanggal 9 Dzulhijjah, yang menjadi ukuran adalah wuquf di Arafah, bukan fatwa dari siapa-siapa atau siapa yang bikin kalender atau mazhabnya apa. Karena di dalam hadits-hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyebut dengan “puasa hari Arafah”, sehingga mestinya wuquf di Arafah itulah yang menjadi ukuran. Wallahu a'lam.

Semoga kita semua diberikan kemudahan serta kesehatan untuk selalu ingat dan dekat denganNya.Amin

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

*

Theme pack from WPMUDEV by Incsub.